Kamis, 17 Juni 2010

Membuka Hati Tanpa Syarat

Membuka hati tanpa syarat? Apa tuh?
Yang sering gw tahu malah kredit tanpa agunan. Hehehe. Laiin..itu lain doong.
 

Gw pernah baca disebuah buku yang isinya bahwa jika kita mau membuka seluruh indera kita 100%, maka kita bisa mendapatkan yang namanya indera keenam allias insting.

Membuka indera ini bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan pula hal yang sulit. Sulit sulit mudah gitu deh. :P Karena yang terpenting adalah (menurutku) membuka hati agar mau lebih mendengar, agar mau lebih melihat, agar mau lebih mengecap, agar mau lebih mencium, agar lebih mau merasakan semua yang terjadi di sekeliling kita.
Untuk apa? Intinya sama...untuk mengalami suatu perubahan yang signifikan.

Nah, jadi tadi malam itu dalam bacaan referensi pun diceritakan (secara tidak langsung) bagaimana hebatnya sebuah efek perubahan dari kemauan membuka hati.
Cuma...satu hal yang penting juga.
Membuka hatinya harus tanpa syarat.

Karena jika tanpa syarat berarti kita benar-benar membuka hati 100%.
Bukan dengan syarat jika A, jika B, jika C, dan kalau tidak maka akan D.
Kalau pakai syarat begitu, apakah masih 100% atau malah tergantung syarat?

Kalau menurut gw sih, jika pakai syarat itu lebih susah lho.
Karena tidak ada nilai kepasrahan atau penyerahan diri seutuhnya pada keinginan membuka hati itu.

Dan kalau tidak pasrah bagaimana?
Ya...jd ingat trust game yang sering dipraktekan kalau sedang pelatihan kepemimpinan di kantor gw yang lama.
Kalau tidak pasrah bagaimana?
Ibarat hendak memberikan suatu barang ke orang lain (sebut saja si X), tapi saat menyerahkan barang itu ke X, aku tidak melepaskan tanganku.
Apa jadinya? Barangnya tidak akan berpindah khan? Apa itu artinya memberikan? Ya bukaan laaah...
Itu namanya nempelin doang ke tangan orang lain kali yah? Hehehehe.

Sama dengan membuka hati.
Kalau masih pake syarat...itu artinya masih buka-tutup hati. Hehehe :P

Memang sih membuka hati tanpa syarat itu sulit.
Tapi juga tidak sulit juga lho.
Karena semua itu tergantung keinginan kita sendiri.
Seberapa besar kita ingin membuka hati?
Seberapa besar kita ingin berubah?

Jadi...seberapa besar gw bisa membuka hati? 


Jawabannya gw masih belum bisa untuk membuka hati ....

30 Mei 2010

Tidak ada komentar: